Pendaratan Perdana Mulus, Runway Bandara Blora Lulus Uji

Landasan Bandara Ngloram Kecamatan Cepu, Blora, secara resmi dinyatakan lulus uji. Setelah proses pendaratan perdana pesawat King Air 200 GT yang ditumpangi Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Polana Banguningsih Pramesti, berhasil secara mulus pada Sabtu (11/1/2020) sore. 

Kepada wartawan, Polana mengatakan telah merasakan langsung prosesi pendaratan pesawat di lokasi setempat dan menyatakan lolos uji. Hanya beberapa fasilitas pendukung yang menurutnya perlu ditambahkan. 

“Kami datang kemari untuk sekaligus melakukan test flight bandara Ngloram. Runway mulus, dan layak. Namun memang ada fasilitas penunjang yang harus dibangun,” terangnya.¬†

Ia menyebut pembangunan di bandara setempat akan dipercepat guna mengejar target waktu operasional pada akhir tahun 2020 mendatang. 

“Jadi ada terminal, lampu, tower ATC juga dan beberapa fasilitas lainnya yang belum dibangun. Target kami untuk operasional akhir tahun ini sudah bisa dilakukan,” paparnya. 

Bandar udara Ngloram rencananya akan dioperasionalkan sebagai bandara komersial. Panjang runway yang saat ini hanya sejauh 1,2 kilometer diwacanakan akan dibangun kembali hingga sepanjang 1,6 kilometer. 

“Ini merupakan proyek Kementrian pusat. Nantinya akses masuk kesini juga akan dibuatkan baru dan tembus di stasiun Kapuan. Itu nanti menggunakan APBN dan APBD Provinsi, kami Pemkab akan tetap mendampingi,” terang Wakil Bupati Blora Arif Rochman kepada wartawan di lokasi, Sabtu (11/1/2020).

Arif Syaefudin РdetikFinance

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *