Arief Rohman Resmikan Kampung Pelangi, Kades Perlu Kreatif Dan Inovatif

Desa wisata “Kampung Pelangi” yang berada di Desa Bangsri Kecamatan Jepon, Rabu (9/9) lalu, sudah resmi buka. Tabuhan gong oleh Wakil Bupati Blora, H. Arief Rohman, sebagai simbolis peresmian malam itu dilanjutkan dengan penyerahan tokoh wayang werkudoro dan ikon motor balap kepada dalang kondang Sigit Ariyanto. Dalam acara yang dihelat dihalaman wisata kampung pelangi tersebut juga dimeriahkan pagelaran wayang kulit dengan lakon “Begawan Bimo Suci”

Dalam sambutannya, Kades Muda yang masih berusia 29 tahun ini menceritakan bahwa ide pembuatan Kampung Pelangi ini muncul ketika sering bepergian ke Semarang dan Malang untuk mengikuti balap motor.
Pada dasarnya saya dulu ini seorang seniman, tukang gambar dan ngecat. Ketika melihat ada Kampung Pelangi di Semarang dan Malang ternyata kok bagus, setelah saya riset di eks Karesidenan Pati belum ada sehingga muncul ide untuk bikin di Bangsri ini. Kebetulan salah satu visi misi saya saat dilantik jadi Kades adalah membuat desa wisata,” terang Laga Kusuma, yang juga atlet balap motor ini.

Proses pengerjaan Kampung Pelangi inipun dikerjakan secara bersama-sama dengan seluruh pemuda karang taruna dengan arahan dirinya. Anggarannya menggunakan dana desa yang telah disepakati bersama dalam musyawarah desa.

“Awalnya banyak yang mempertanyakan dan meragukan, apakah bisa kampung yang dicat warna warni dan dilukis beragam gambar mural dapat menarik kunjungan masyarakat. Ternyata sekarang terbukti dengan banyaknya pengunjung. Terlebih dengan banyaknya kegiatan yang kita gelar dengan melibatkan masyarakat lokal. Alhamdulillah dalam satu bulan kemarin bisa memperoleh sampai Rp 70 jutaan,” sambung Laga.

Banyaknya pengunjung ini juga dimanfaatkan masyarakat Bangsri dengan membuka peluang usaha berjualan minuman, kuliner, dan jajanan lainnya sehingga ekonomi desa juga bergerak.

“Masih banyak ide-ide yang belum bisa kita laksanakan. Kedepan kita ingin membuat kebun bunga celosia juga di Kampung Pelangi ini. Agar masyarakat tidak bosan dan terus ingin kembali datang. Pengelolaan Kampung Pelangi ini langsung oleh para karang taruna pemuda desa dibawah BUMDes Maju Mapan,” pungkasnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Blora, H. Arief Rohman, M.Si dalam kesempatan itu mengapresiasi dan siap mendukung pengembangan Kampung Pelangi Bangsri.

“Kampung Pelangi yang digagas Mas Kades Muda Laga Kusuma ini memang top. Tidak hanya viral di Blora saja, bahkan sampai Kementerian Desa. Ini membuktikan ketika pemuda diberikan kepercayaan untuk memimpin wilayah, ternyata juga bisa dan penuh inovasi,” ujar Wabup H. Arief Rohman, M.Si.

Sebagai bentuk dukungan pengembangan Kampung Pelangi, pihaknya siap bekerjasama mencarikan bantuan untuk program program selanjutnya.

“Kami siap mengawal dan membantu mencarikan bantuan. Misal lewat CSR perusahaan atau BUMN agar bisa diberikan untuk Desa Bangsri. Programnya apa saja, nanti kita tawarkan kesana agar Kampung Pelangi bisa lebih baik lagi. Sedangkan untuk akses jalan yang masih rusak, tahun depan inshaAllah jika kami dipercaya untuk memimpim Blora, akan kita perbaiki bersama agar mulus, tidak gronjal lagi,” tambah Wakil Bupati.

Selama cara berlangsung, seluruh penonton mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker. Panitia juga menyediakan fasilitas cuci tangan pakai sabun. Sepanjang jalan di Kampung Pelangi banyak masyarakat yang bedagang untuk meraup rezeki dari para pengunjung. Turut hadir jajaran Forkopimcam Jepon, dan para Kades se Kecamatan Jepon.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *