Arief Rohman Dukung Pengembangan Kalinanas Menjadi Desa Wisata

Blora – Desa Kalinanas, Kecamatan Japah, merupakan desa perbatasan di Kabupaten Blora, yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Rembang dan Kabupaten Pati di sebelah utara. Meskipun terletak jauh dari pusat Kabupaten Blora, namun desa ini mempunyai potensi yang memikat jika dikelola dengan baik.

Diantaranya pesona dinding Sungai Purba dan potensi perkebunan buahnya. Hal ini pun mendapatkan perhatian dari Wakil Bupati Blora, H. Arief Rohman, M.Si, yang kini sedang cuti karena mengikuti tahapan Pilkada 2020.

Sebagai calon Bupati, Arief Rohman yang juga pernah menjadi Anggota DPRD Jawa Tengah ini, berharap agar desa-desa di Kabupaten Blora bisa terus menata diri, membangun wilayahnya berbasis potensi lokal. Khusus di Kalinanas, pihaknya mendorong agar desa ini bisa tumbuh menjadi desa wisata.

“Tepat di kawasan potensi Sungai Purba ini kita tanami bibit pohon durian bersama-sama dengan para tokoh masyarakat dan Kepala Desa. Tanah di wilayah sini cocok untuk buah-buahan. Jika nantinya terus kita rawat bersama, maka Kalinanas akan menjadi desa wisata, selain wisata geologi sungai purba, juga wisata buah (agrowisata),” ucap Arief Rohman, ketika dihubungi Senin (16/11).

Apalagi menurutnya di wilayah Kalinanas juga sedang dilaksanakan pembangunan Bendungan Randugunting oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yang merupakan proyek startegis nasional.

“Jadi kedepan akan semakin lengkap, ada wisata sungai purba, kebun buah dan bendungan Randugunting yang rencananya juga dikembangkan sebagai daya tarik wisata serta pemenuhan air baku di wilayah Kalinanas dan sekitarnya, hingga ke Rembang dan Pati,” tambah Arief Rohman.

Adanya aspirasi masyarakat yang menginginkan peningkatan akses jalan / infrastuktur dari Japah menuju Kalinanas juga ia terima. Menurutnya peningkatan jalan menjadi hal yang penting dilakukan agar pengembangan Desa Wisata Kalinanas bisa maksimal.

“Kedepan jalan akses dari Japah harus kita lanjutkan peningkatannya, dari Japah menuju Gaplokan hingga Kalinanas. Kami berharap masyarakat juga siap untuk menjadi pelaku atau subjek pariwisata,” lanjut Arief Rohman

Sementara itu, Kepala Desa setempat, Jani, SE, mengaku senang dan berterimakasih atas dukungan H. Arief Rohman, M.Si, dalam hal dukungan pengembangan Kalinanas sebagai desa wisata.

“Sebagai bentuk kesiapan, kami juga telah membentuk Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Kalinanas yang beranggotakan para pemuda dan tokoh masyarakat. Niat kami tulus untuk membangun Desa Kalinanas, terimakasih untuk seluruh dukungannya,” ungkap Jani. (*AR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *