FPI Resmi Dibubarkan Pemerintah

Pemerintah resmi mengumumkan pembubaran Front Pembela Islam (FPI), hari ini. Dengan pembubaran tersebut, segala kegiatan organisasi ini pun  dinyatakan dihentikan.

Keputusan itu disampaikan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD dalam konferensi pers di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta.

“Pemerintah melarang aktivitas FPI dan akan menghentikan setiap kegiatan yang dilakukan FPI,” ujar Mahfud MD, Rabu (30/12).

FPI, ungkap Mahfud, tidak lagi memiliki legal standing baik sebagai organisasi massa maupun organisasi biasa. Dalam keputusan itu disebutkan FPI sebagai ormas secara de jure adalah organisasi yang tidak terdaftar.

Mahfud MD menjelaskan, keputusan pemerintah ini telah sesuai aturan dan perundang-undangan yang berlaku. Salah satunya adalah putusan Mahkamah Konstitusi terkait Undang-Undang Ormas.

Dengan keputusan tersebut, maka seluruh kegiatan menggunakan atribut dan simbol FPI dilarang di wilayah NKRI. Mahfud juga meminta pemerintah pusat dan daerah untuk menolak semua kegiatan yang dilakukan FPI.

“Kepada aparat pemerintah, pusat dan daerah kalau ada sebuah organisasi mengatasnamakan FPI itu tidak ada dan harus ditolak karena legal standingnya tidak ada,” ujarnya.

Dalam konferensi pers tersebut, Mahfud MD tampak didampingi Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Pol Idham Azis, Kepala BIN Budi Gunawan, Menkumham Yasonna Laoly, Mendagri Tito Karnavian, Kepala KSP Moeldoko, Menkominfo Johnny G Plate, Jaksa Agung ST Burhanuddin, Kepala BNPT Komjen Boy Rafli Amar, dan Kepala PPATK Dian Ediana.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *