Kali Grojogan Kembali Dibersihkan, Lagi-Lagi Ditemukan Sampah Kutang

Walaupun seminggu lalu telah diangkat sebanyak 16 kubik sampah, termasuk di dalamnya terdapat celana dalam dan BH (kutang), Kali Grojogan yang terletak di pusat kota Jl. Sudarman, turut Kecamatan Kota Blora, Kabupaten Blora, Jawa Tengah, kini kembali kotor oleh sampah yang dibuang sembarangan.

“Sehingga hari ini, Jum’at (22/1/2021) kita dari tim relawan ARTYS, dinas dan masyarakat yang mempunyai kepedulian lingkungan harus turun ke sungai untuk kembali melakukan pembersihan sampah dari mulai perempatan Grojogan lagi,” kata Eko Arifianto selaku Koordinator Pelestarian Lingkungan Hidup Relawan ARTYS, Jum’at (22/1/2021) siang hari.

Awalnya, menurut jadwal kegiatan resik-resik kali seharusnya tahap kedua ini sudah sampai Grojogan hingga perempatan yang mempertemukan Jl. Sudarman dengan Jl. Kolonel Sunandar yang berjarak sekitar 325 meter.

“Sepertinya masih ada yang belum tersentuh, yaitu kesadaran masyarakat di daerah hulu sungai. Hingga selain sampah botol kaca, plastik, hari ini banyak juga ditemukan sampah dari limbah rumah tangga,” ujarnya.

Memang sebelum tiba di perempatan Grojogan Jl. Sudarman Blora aliran sungai ini di bagian Utara ini melewati beberapa desa dan kelurahan, di antaranya Temurejo, Karangjati, Tegalgunung dan Sawahan.

“Ini yang membutuhkan kerjasama dengan pemerintah kabupaten, dinas dan instansi terkait serta perangkat desa atau kelurahan hingga ke RT untuk melakukan sosialisasi tentang Peraturan Daerah (Perda) terkait Pengelolaan Sampah,” jelasnya.

Sementara saat dikonfirmasi awak media, Dinas Perumahan Permukiman dan Perhubungan (Dinrumkimhub) Kabupaten Blora untuk menangani Grojogan berkaitan dengan Daerah Aliran Sungai (DAS), kebersihan lingkungan dan sampah serta keindahan bantaran sungai perlu keterlibatan tiga dinas terkait.

“Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Blora, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Blora dan Dinas Perumahan Permukiman dan Perhubungan (DINRUMKIMHUB) Kabupaten Blora akan duduk bersama membahasnya,” jelas Kepala Dinrumkimhub Blora Pratikto Nugroho, S.Sos, MM melalui Sekretaris Dinrumkimhub Langgeng Warsito, S.Pd, MM saat ditemui di Grojogan, Jum’at (22/1/2021).

Langgeng menambahkan, terkait dengan
sosialisasi warga sekitar jalur sungai Grojogan dan memetakan titik-titik pembuangan sampah yang menjadi faktor besar pencemaran, akan segera dilakukan penyusuran sungai bagian hulu.

“Dalam waktu dekat kita agendakan untuk susur sungai Grojogan di bagian hulunya,” pungkasnya.

(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *